Tiga Hari Bersantai di Yilan (Bagian 2) – Kartu Pos dari Taichung

Hari pertama saya di Yilan setengah dihabiskan perjalanan dari Taichung ke Yilan sementara paruh kedua dihabiskan di Guishandao (Pulau Penyu) dan Pasar Malam Luodong, yang dapat Anda baca di sini.

Hari ke-2

Kami santai saja dan tidur larut malam. Bagi kami para guru, itu berarti 09:30. Itu benar-benar menyegarkan tidak merasakan tekanan karena harus balapan di suatu tempat. Setelah kami bersiap-siap dan mengemasi tas kami untuk hari itu, kami berjalan ke (Zhèngcháng Xiānròu Xiaotāngbāo), stand lokal untuk sup pangsit kukus. Saya menemukannya dengan mengklik di sekitar Google Maps dan itu juga direkomendasikan oleh tuan rumah kami. Sepiring sepuluh pangsit sup berharga 80 NT dan mereka membuatnya segar di belakang area mengepul. Saya akan merindukan budaya makanan jalanan kasual ini ketika saya kembali ke AS.

Setelah sarapan, kami pergi naik kereta api ke Su’ao, sebuah kotapraja yang terletak di pantai selatan Yilan. Ini adalah rumah bagi dua pelabuhan besar: Pelabuhan Su’ao (pelabuhan dan pangkalan angkatan laut) dan Pelabuhan Nanfang-ao (pelabuhan perikanan utama). Su’ao terkenal dengan restoran seafood dan mata air dinginnya.

Hanya beberapa menit berjalan kaki dari stasiun kereta, Anda akan menemukan Su’ao Cold Spring, salah satu dari sedikit mata air dingin alami di dunia. Suhu airnya adalah 22 derajat C dengan pH 5,5 dan secara alami berkarbonasi. Airnya bisa dimandikan dan diminum dan telah digunakan untuk membuat air soda dan makanan ringan lokal, seperti kue jeli.

Mata air dingin mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 2018 dan dikatakan akan dibuka kembali pada tahun 2019. Kami tidak yakin negara bagian mana untuk menemukan mata air dingin tersebut, tetapi kami ingin sekali memeriksanya. Sepertinya tidak ada fasilitas outdoor terbuka seperti yang digambarkan secara online. Namun, ada kabin mata air dingin pribadi. Untuk dua orang, biayanya 200 NT selama 40 menit.

Itu tidak cukup terik pada hari kami pergi, jadi air dingin tidak cukup penangguhan hukuman memuaskan yang saya cari. Masih bagus, meskipun. Itu benar-benar dingin ketika kami pertama kali masuk dan saya mencoba menyesuaikan diri dengan berjalan kaki terlebih dahulu, lalu kaki, lalu batang tubuh. Tapi itu benar-benar proses menyedot dan menyelam ke dalam. Kami diberitahu bahwa strateginya adalah masuk dan diam sehingga Anda bisa merasakan sensasi pemanasan. Ini kebalikan dari mata air panas, di mana Anda masuk ke air panas dan tetap diam untuk merasa sejuk. Saya tidak benar-benar merasakan sensasi pemanasan, tetapi Anda agak terbiasa dengan tetap diam. Erica pergi sejauh mengapung di atas air, yang ada cukup ruang untuk dilakukan.

Secara keseluruhan, saya sangat menyukai mata air dingin dan itu harus dilakukan saat berada di Su’ao. Itu akhirnya menjadi sangat bagus memiliki kamar pribadi kita sendiri. Cukup murah juga! Ada sedikit faktor baru untuk melihat semua gelembung di kulit Anda dari karbonasi. Anda memang merasa sedikit lengket saat keluar dari air, tapi saya pikir itu akan mereda pada akhirnya. Kulit saya terasa sangat segar sekitar 15 menit sesudahnya.

Selanjutnya, kami naik Bus GR28 ke Nanfang’ao (南方澳), salah satu pelabuhan perikanan utama Taiwan. Ada tiga pelabuhan nelayan dan pasar tempat pelelangan ikan setiap hari. Ada juga pasar ritel untuk makanan laut dan restoran yang menjual produk lokal dan hasil tangkapan segar.

Pemberhentian pertama kami adalah Tofu Cape, teluk indah yang ideal untuk olahraga air, piknik, dan bersantai di pantai. Ada pemandangan tebing di tanjung yang terkenal dengan bebatuan berbentuk tahu. Namun, saya telah melihat formasi batuan di bagian lain Taiwan yang lebih mirip tahu daripada yang ada di Tanjung Tahu. Itu masih pemandangan yang indah dan kami nongkrong di sana sebentar, mendengarkan ombak, sebelum berjalan 15 menit ke Pantai Neipi di dekatnya.

nada hijauMenjalani kehidupan Taiwan yang terbaik

Pantai Neipi (內埤沙灘) dilatarbelakangi oleh pegunungan dan menawarkan pemandangan indah yang menjadi ciri khas pantai timur Taiwan. Ini bagus untuk menyaksikan matahari terbit, berbaring di pantai, atau berjalan di sepanjang pantai. Namun, pantai ini tidak terbuka untuk berenang karena arus kuat yang terbentuk dari dasar laut yang tidak rata. Kami benar-benar menikmati duduk dan berbaring di pantai dan mendengarkan laut. Itu adalah hari yang sebagian berawan dan matahari sebagian besar tersembunyi di balik awan, jadi itu sempurna. Pantai Neipi juga merupakan tempat yang bagus untuk orang-orang yang menonton dan saya senang mengamati seorang gadis kecil yang mencoba membangun istana pasir.

Kami mungkin harus pergi menjelajahi Nanfang’ao sedikit lebih lama, tetapi kami sangat ingin kembali ke stasiun kereta Su’ao dan kembali ke Luodong sebelum ada lebih sedikit kereta yang bisa kami tuju. Saya sekarang ingin tahu tentang budaya nelayan, pasar, dan restoran. Kami juga tidak sampai ke Nanfang’ao Lookout, yang menurut saya paling mudah diakses dengan mobil atau skuter. Ini adalah titik pengamatan yang indah di atas Pantai Neipi dan daerah sekitarnya.

Untuk makan malam, kami menuju ke Pasar Malam Luodong lagi. Kami mengambil banyak makanan yang sama dari hari sebelumnya. Saya pun bertekad untuk mencoba sup herbal kambing dari stand lain, atau Angelica Mutton Soup. Dari hari sebelumnya, saya perhatikan bahwa mereka adalah stand lain dengan antrian, meskipun popularitas mereka tampaknya tidak sebanding dengan Ah Du Po. Saya menunggu sekitar 15 menit untuk makan di tempat dan memesan hanya sup daging kambing. Sangat sulit untuk makan sup panas di cuaca panas dan lembab, tapi rasanya sangat enak dan lidah saya terbakar karenanya.

Saya pikir karena itu hari Sabtu pasar sangat ramai. Kami akhirnya tidak tinggal terlalu lama karena itu hanya luar biasa melewati orang banyak. Kami berjalan kembali ke apartemen pada jam 8 malam dan menyebutnya malam.

Hari ke-3

Pada hari terakhir kami di Yilan, Erica dan saya mendapatkan wafel dan sandwich untuk sarapan di Homing Café sebelum dia naik bus pukul 11:05 ke Taipei. Itu meninggalkan saya sendiri untuk menghibur diri saya sendiri untuk hari itu. Saya memutuskan untuk menghabiskan hari di Luodong, tapi kalau dipikir-pikir, saya mungkin punya waktu untuk pergi lebih jauh dan melihat lebih banyak tempat.

Saya mencoba mengunjungi Taman Budaya dan Kreatif Chung Hsing, yang merupakan tujuan di Google dengan lebih dari 3.600 ulasan. Tampaknya menjadi taman berseni dengan seni jalanan dan mural, tetapi ketika saya tiba di Stasiun Zhongli, saya terkejut dengan betapa kecilnya stasiun itu dan taman itu sulit ditemukan meskipun seharusnya dekat. Mungkin saya hanya kurang berusaha dan berkecil hati karena terik matahari. Sebagai gantinya saya berjalan ke halte bus R1 dan naik bus berikutnya kembali ke pusat Luodong dan pergi ke Taman Budaya Kehutanan Luodong.

Yilan adalah rumah bagi Kawasan Hutan Taipingshan, salah satu dari tiga kawasan hutan utama selama periode kolonial Jepang. Pohon Cemara Taiwan dan Pohon Cemara Kuning yang dipotong dari hutan dikirim ke tempat yang sekarang menjadi taman budaya untuk disimpan. Di taman, pengunjung dapat melihat kolam kayu, kereta api hutan tua, lokomotif uap, dan bangunan yang diubah. Ini adalah taman yang indah dan tenang untuk berjalan-jalan secara gratis.

Setelah berjalan-jalan di bawah sinar matahari, saya menginginkan makanan penutup dan tempat berteduh dan memutuskan untuk pergi ke Wei Jie Heart Tapioca Desserts untuk menikmati makanan dingin. Saya memesan salah satu hidangan populer mereka, yaitu “puding tahu” (豆花) dengan wijen, dua bola es, dan semacam topping besar seperti boba yang kenyal. Cukup memuaskan, meskipun saya kecewa mereka tidak menyalakan AC di toko.

Saya mencoba menghabiskan waktu selama mungkin di toko makanan penutup karena saya kehabisan tempat untuk dikunjungi. Saya memutuskan untuk mencari kemungkinan kafe kucing dan untuk keberuntungan saya, ada satu di Luodong. Ini disebut Hari Kucing atau dan memiliki ulasan yang cukup solid dengan 4,7 bintang dari 615 pengulas. Keluhan utama orang-orang adalah bahwa makanan dan minuman membutuhkan waktu lama untuk disajikan dan ada banyak aturan. Saya belum pernah ke kafe kucing sebelumnya dan ingin menghabiskan waktu, jadi saya pergi untuk itu. Awalnya, saya diberitahu bahwa saya harus menunggu, tetapi tak lama setelah menuliskan nama saya dan bermain dengan seekor kucing di luar kafe, mereka memberi tahu saya bahwa mereka dapat mengakomodasi saya karena pesta sebelum saya dibatalkan. Sabas!

Anda melepas sepatu Anda di luar toko dan disediakan sandal untuk dipinjam. Kemudian, Anda diminta untuk membersihkan tangan Anda sebelum duduk di lantai dasar untuk memesan. Saya memilih hidangan roti panggang acak (yang saya kenal adalah bahwa ada daging babi berlemak dan telur di dalamnya) dan teh susu earl grey. Saya juga membeli snack combo seharga 99NT untuk diberikan kepada kucing. Setelah memesan, saya diantar ke lantai atas, yang terbagi menjadi area bermain kucing (untuk 10 kucing) dan ruang makan yang lebih kecil. Para tamu diminta untuk tinggal di ruang makan jika mereka memesan makanan sampai mereka selesai makan. Kemudian, mereka diberikan waktu 100 menit untuk bermain dengan kucing-kucing tersebut.

Lidah kucing jadi gatalBukan saya, tapi apa yang saya alami juga

Saya benar-benar menunggu sekitar 45 menit untuk makanan saya dan mencoba untuk menghirup roti panggang saya secepat mungkin (dalam 15 menit!) sehingga saya bisa pergi ke area bermain kucing. Ketika saya selesai makan, seorang karyawan pergi untuk menyiapkan makanan ringan yang akan saya berikan kepada kucing-kucing itu. Saya telah memperhatikan bahwa itu adalah waktu tidur siang bagi kebanyakan kucing dan mereka tidak terlalu tertarik untuk berinteraksi dengan tamu mana pun. Namun, itu berubah saat dia kembali dengan camilan dan berkeliling membangunkan semua kucing untuk waktu camilan.

Dia meletakkan selimut untuk saya duduki dan memberi saya nampan makanan ringan kering yang dibuat di rumah. Dia mengajari saya untuk meletakkan tangan saya rata agar kucing mengambil makanan dan menghindari digigit. Dia juga memberi saya tabung yang menurut saya sejenis pasta ikan dan menyuruh saya memerasnya ke ujung jari saya untuk dijilat kucing. Mereka menyukai pasta. Saya belajar bahwa lidah kucing sebenarnya terasa sedikit gatal, seperti kain mikrofiber.

Saya merasa seperti seorang superstar saat memberi makan kucing karena mereka hanya memperhatikan saya. Saya pikir beberapa pelanggan lain cemburu, tetapi mereka dapat dengan mudah membayar untuk memberi mereka makan juga. Setelah makan, sebagian besar kucing hanya kembali tidur sampai orang berikutnya yang membawa makanan ringan. Saya memang menyaksikan perkelahian kucing kecil. Kucing yang satu ini sedikit kesal dengan kucing lain, tapi menurut petugas, hal itu sudah cukup umum terjadi.

Saya enggan untuk pergi, tetapi saya telah memperpanjang waktu saya selama 20 menit. Saya pikir karena saya hanya satu orang, mereka tidak mendesak saya keluar seperti mereka meminta pasangan lain untuk pergi. Namun, saya ingin bersikap sopan kepada pelanggan lain. Saya sangat senang dengan pengalaman kafe kucing pertama saya dan saya ingin pergi ke kafe lain.

Dalam satu setengah jam terakhir yang saya lakukan di Luodong, saya memutuskan untuk pergi ke pasar malam untuk membeli makanan sebelum menuju ke stasiun kereta untuk beristirahat. Sangat menyegarkan pergi ke sana sekitar jam 4 sore dan tidak harus melawan orang banyak. Saya kembali lagi untuk makan sup daging kambing—tidak akan cukup!

Secara keseluruhan, saya memiliki akhir pekan yang sangat santai. Sofia berkata bahwa staf di sekolahnya sangat suka pergi ke Yilan dan aku mengerti alasannya. Ini jauh lebih mudah diakses daripada Hualien dan Taitung, terutama dengan mobil, tetapi masih menawarkan sedikit keindahan pantai timur Taiwan. Ini memiliki mata air panas dan dingin, pendakian, pantai, dan atraksi sendiri. Waktu yang benar-benar indah.